Jum. Jun 25th, 2021

Beberapa tahun lalu, Honda Indonesia menyuguhkan dua mobil SUV yang bisa dikatakan serupa tetapi tak sama, yakni Mobilio dan BR-V. Secara segmentasi, Mobilio bertarung di segmen bawah, sedangkan BR-V berani bermain di Crossover papan atas. Secara kasat mata, Honda BR-V sendiri banyak diadopsi dari Mobilio.

Salah satu kesamaan ada di mesin, yakni i-VTEC bertenaga 1.500 cc yang terkenal irit dan bandel. Meski demikian, tentu terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan antar keduanya. Apa saja itu? Yukk simak penjelasan berikut ini.

Honda BR-V vs Mobilio, manakah yang lebih baik?

Eksterior

Perbedaan yang cukup signifikan pastinya bisa dilihat dari bentuk, body, serta dimensinya. Hal mana, BR-V mempunyai panjang 4.456 mm dengan lebar 1.735 mm serta tingginya 1.666 mm, lalu jarak sumbu rodanya 2.662 mm yang terbilang lebih tinggi dari Honda Mobilio.

Untuk velgnya, BR-V dibekali velg ukuran 16 inc sedangkan Mobilio setingkat di bawahnya yaitu 15 inc. Dengan ukuran roda yang lebih besar, sudah pasti kenyamanan berkendara lebih tinggi honda BR-V, meskipun dengan kondisi jalan yang tidak mulus.

Interior

Baik kita masuk ke interior, bisa dibilang kedua mobil Honda ini memiliki banyak kesamaan pada interiornya. Baik Honda BR-V maupun Mobilio, keduanya memiliki head unit 8 inc, audio streaming, AC digital, dan warna yang didominasi hitam.

Namun dari segi material, kedua mobil ini terdapat perbedaan, hal mana mobil HR-V tipe prestige sudah mengenakan jok material kulit disertai aksen merah sebagai daya tarik tambahan interior mobil. Tentu saja, dengan material kulit, ketika terkena kotoran material ini sangat mudah dibersihkan dibandingkan material kain.

Sementara itu, untuk mobil Mobilio, baik itu tipe terendah maupun tipe high nya, semua varian masih mengenakan material kain untuk joknya. Meski demikian, desainnya yang mewah membuat interior sangat mempesona.

Mesin

Emm kalau berbicara soal dapur pacuhnya, manakah yang lebih baik? Secara umum, dua varian mobil Honda ini mempunyai jenis mesin yang hampir sama, yakni i-VTEC tecnology. Dengan teknologi ini, mobil akan memungkinkan mengeluarkan tenaga ekstra meskipun memiliki silinder yang terbilang kecil. Selain itu, teknologi ini juga berpengaruh pada iritnya bahan bakar yang membuat dompet anda tak banyak terkuras.

Namun berbicara tenaga, mobil BR-V dikenal bandelnya ketika menjelajah di medan yang berat, selain daripada bagian roda yang mendukung. Sedangkan, banyak review yang menyebut bahwa Honda Mobilio sangat asyik ketika diajak berpacuh di jalanan mulus dengan stabilitas tinggi.

Sebagai kesimpulan, apabila ditilik secara menyeluruh, jelaslah Honda BR-V lebih memiliki fitur dan keunggulan ekstra dibandingkan dengan Mobilio. Maka, dengan itu pula sangat masuk akal apabila BR-V pun dibandrol dengan harga yang lebih mahal dari Mobilio.

By Brisha