Jum. Jun 25th, 2021

Asam lambung naik merupakan kondisi penyakit yang dikenal dengan GERD atau gastro esophageal reflux disease. Kondisi ini bisa menyebabkan munculnya rasa panas di bagian dada atau yang dikenal dengan heartburn. Hal tersebut bisa terjadi karena asam lambung yang naik hingga bagian kerongkongan. Bagi yang mengalami hal ini tidak perlu panik berlebihan, karena hal ini sendiri bisa dialami oleh banyak orang.

Bahkan tidak hanya untuk orang dewasa, GERD juga bisa menyerang pada anak-anak. Oleh karena itulah sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu mengenai informasi mengenai GERD. Mulai dari gejala yang dialami, cara pengobatan, hingga komplikasi yang dapat terjadi. Sehingga dengan mempunyai lebih banyak informasi ini bisa membuat Anda tidak panik berlebihan dan melakukan langkah pencegahan yang tepat agar kondisinya tidak semakin memburuk.

Hal pertama yang perlu diketahui mengenai GERD ini adalah dari gejala atau ciri-ciri ketika asam lambung sudah naik. Gejala ini dapat dikenali sehingga juga bisa membedakannya dengan penyakit lainnya. Karena biasanya gejala untuk penyakit yang menyerang lambung dan membuat perut tidak nyaman mempunyai gejala yang sama. Seperti yang paling umum adalah mengalami nyeri, mual, hingga muntah.

Akan tetapi untuk tanda-tanda asam lambung naik atau GERD ini mempunyai ciri yang dapat dikenali yaitu heartburn. Gejala ini bisa disebabkan karena mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang mempunyai kandungan kafein tinggi. Sehingga tidak hanya mengalami rasa nyeri di bagian perut tetapi juga bisa sampai ke bagian dada.

Heartburn tersebut akan membuat rasa panas yang terjadi di bagian dada. Banyak yang mengira rasa sakit tersebut adalah karena penyakit gangguan jantung, tetapi apabila ditelaah lebih lanjut heartburn disebabkan oleh GERD. Heartburn terjadi karena asam lambung yang naik menuju ke kerongkongan. Sehingga hal tersebut juga bisa membuat iritasi yang terjadi pada kerongkongan dan mulut. Heartburn sendiri akan lebih parah dan bisa dialami mengkonsumsi makanan dan kemudian berbaring.

Selain heartburn, gejala lainnya yang dapat dikenali apabila mengalami GERD adalah:

  1. Pertama adalah akan membuat rasa asam pada bagian mulut. Hal tersebut karena naiknya asam lambung hingga ke kerongkongan.
  2. Selain itu juga akan membuat lebih mudah kenyang.
  3. Akan lebih banyak dan mudah bersendawa karena banyak gas yang dipunyai.
  4. Akan sakit tenggorokan.
  5. Menyebabkan rasa mual hingga muntah.
  6. Membuat produksi air liur yang lebih banyak.
  7. Mengalami bau mulut.
  8. Mengalami batuk tidak berdahak.

Berbagai gejala GERD tersebut dapat terjadi yang disebabkan oleh beberapa hal seperti berikut ini:

  1. Pertama seperti yang telah dijelaskan karena berbaring setelah makan.
  2. Bagi orang yang mempunyai kondisi obesitas. Sehingga akan lebih baik untuk diet agar mempunyai berat badan ideal.
  3. Bisa terjadi pada usia lanjut.
  4. Bagi ibu yang dalam kondisi hamil juga lebih mudah mengalami GERD.
  5. Mengkonsumsi banyak makanan pedas.
  6. Mengkonsumsi alkohol, merokok, dan stress.

GERD juga bisa disebabkan karena beberapa penyakit yang diderita. Seperti penyakit gastroparesis, scleroderma, dan hernia hiatus. Sehingga apabila mempunyai tanda-tanda yang telah disebutkan akan lebih untuk segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Hal tersebut bermanfaat untuk menghindari agar gejala yang dialami tidak bertambah parah, membutuhkan operasi, hingga dapat membuat komplikasi pada penyakit lainnya. Seperti dapat mengalami penyempitan kerongkongan, esofagus barret, hingga luka yang terjadi pada dinding kerongkongan.

Referensi:

Halodoc. Diakses pada 2021. Waspada, Ini Tanda Sakit Maag yang Sudah Parah

Promag.Diakses pada 2021. Tanda dan Gejala Sakit Maag Kronis

Torrance Memorial Physician Network. Diakses pada 2020. Ulcer and Gastritis

By Brisha