Jum. Jun 25th, 2021

Sakit perut pasti bisa mengusik aktivitas Kamu tiap hari. Dengan banyaknya organ pada area tubuh ini, posisi sakit perut bisa menggambarkan keadaan yang berbeda pula.

Di area perut, terdapat berbagai macam organ yang mempunyai peranan penting dalam rangka mempertahankan kesehatan. Sebab itulah, Kamu wajib peka terhadap indikasi ataupun keluhan apa saja yang terjadi pada perut. Salah satu keluhan yang umum diutarakan, yakni sakit perut sebelah kiri.

Mulai dari perih haid sampai radang usus, pemicu sakit perut sebelah kiri yang paling umum perlu Kamu kenali supaya kamu segera bisa temukan tindak lanjut pengobatannya. Berikut inilah beberapa penyebab timbulnya sakit perut sebelah kiri yang perlu kamu waspadai.

Diverkulitis (Radang Kantung Usus Besar)

Tahukah Kamu, bahwa Diverkulitis tergolong menjadi pemicu sakit perut sebelah kiri yang umumnya menyerang siapa saja. Penyakit ini, tidak lain yakni kendala peradangan yang melanda usus besar. Indikasi lain yang mencuat pada diverkulitis ialah demam, mual, muntah, serta perut terasa lebih lunak.

Maag

Perih yang disebabkan akibat maag, umumnya akan muncul di perut bagian atas. Tetapi, sakit perut sebelah kiri bawah pun bisa jadi indikasi gejala penyakit maag yang berat. Indikasi maag lain yang bisa jadi timbul antara lain, kembung dan rasa panas pada perut.

Gas di Saluran Pencernaan

Tatkala Kamu makan, kerapkali gas turut terjebak di saluran pencernaan, akibat adanya udara yang tidak terkendali saat proses mengunyah berlangsung. Keadaan ini bisa memunculkan rasa perih serta tidak nyaman di area perut. Perut Kamu akan kembali nyaman, begitu udara yang tertampung berhasil dikeluarkan.

Hernia

Hernia bisa timbul tatkala organ ataupun bagian tubuh yang lain, menekan keluar ke bilik perut. Kejadian ini bisa menimbulkan munculnya semacam tonjolan pada bagian tengah perut, ataupun di bagian bawah, dekat dengan pangkal paha. Adapun indikasi hernia lain yang butuh Kamu kenali, antara lain rasa perih tatkala mengangkut beban yang berat, tonjolan yang ukurannya terus meningkat, serta kembung.

Perih Haid (Dismenore)

Untuk Kamu para perempuan, sakit perut sebelah kiri, bisa jadi diakibatkan oleh perih haid. Perih haid bukanlah keadaan atau permasalahan serius. Meski demikian, apabila Kamu merasakan rasa sakit yang sangat menyiksa tatkala haid datang, Kamu perlu segera memeriksakan ke dokter untuk mengetahui permasalahannya lebih lanjut.

Batu Ginjal

Sakit perut sebelah kiri pun bisa mencuat sebab adanya kendala pada sistem urinaria. Bila rasa perih yang timbul menjalar dari punggung, lalu turun sampai ke pangkal paha, maka permasalahan satu ini bisa saja disebabkan karena batu ginjal. Tidak hanya sakit perut sebelah kiri, indikasi batu ginjal lain yang bisa jadi menyertai yakni rasa perih dikala buang air kecil, mual ataupun muntah, ada darah pada urine, serta demam.

Untuk mengatasi adanya batu ginjal, Kamu bisa menambah asupan konsumsi air putih. Selain itu, Kamu juga bisa menambahkan beberapa peras jeruk nipis yang memiliki kegunaan mengurai kepadatan batu ginjal, sehingga bisa dilarutkan melalui air seni.

Bila Kamu mengalami permasalahan sakit perut sebelah kiri, jangan anggap sepele, segera periksa ke dokter. Karena, terlambat dalam menangani bisa menyebabkan gejala atau resiko yang lebih parah.

Selain itu, sebagai antisipasi pencegahan, Kamu bisa membaca artikel seputar sakit perut sebelah kiri di patform kesehatan digital Halodoc.com. Di sana, terdapat berbagai artikel kesehatan terpercaya yang ditulis langsung oleh dokter ahli. Sehingga kamu tak perlu khawatir terkait akurat atau tidaknya, dijamin akurat.

By Brisha