Jum. Jun 25th, 2021

Di era yang semakin modern ini ada berbagai macam media dalam mendidik anak utamanya buku. Berbagai jenis buku dapat menjadi referensi para bunda untuk mengajari anak-anak mulai dari pengenalan bahasa, pegenalan huruf,  warna, hewan, sosial dll.

Berbagai macam jenis buku sudah beredar luas dipasaran, terutama di Gramedia. Berbagai buku yang mengedukasi anak-anak diinovasikan demikian rupa sehingga dapat menarik perhatian anak-anak. Mulai dari sampul, isi, gambar, bahkan model yang berfariasi sehingga tidak monoton.

Dibawah ini adalah berbagai jenis buku bacaan yang sesuai dengan anak berumur 3-7 tahun.

  1. Buku yang mengedukasi

Buku yang pertama yaitu buku yang mengedukasi anak-anak. Contoh buku ini adalah concept book yaitu buku yang berisi tentang pengenalan huruf, angka, warna, dan lain sebagainya. Buku ini bertujuan untuk mengedukasi daya pikir anak sejak dini dan buku jenis ini juga cocok bagi anak berusia 3-7 tahun.

  1. Picture book

Picture book adalah buku dengan berbagai gambar yang berfungsi sebagai ilustrasi cerita. Picture book cocok bagi anak-anak karena dengan banyaknya gambar yang ada, akan meningkatkan daya tarik anak untuk membaca buku tersebut atau untuk belajar membaca.

Selain sebagai daya tarik anak, gambar yang ada pada picture book akan membantu anak dalam berangan-angan sesuai dengan isi yang diceritakan pada buku. Dengan begitu cerita yang disampaikanpun akan diterima dengan baik oleh anak-anak.

  1. Pop up book

Pop up book adalah buku yang dirancang khusus untuk anak-anak dengan gambar yang bisa mucul dari dalam buku. Gambar-gambar tersebut muncul ketika halaman demi halaman buku dibuka. Dengan inovasi seperti itu, tentunya menarik perhatian sikecil dan menjadikan mereka lebih aktif lagi dalam belajar membaca.

  1. Lift the flab book

Lift the flab bokk atau yang sering dikenal dengan sebutan buku jendela, bentuknya tidak beda jauh dengan pop up book, hanya saja jika pop up book akan muncul gambar tiga dimensi ketika perlembar dari halamannya dikuka, sedangkan jika buku berjendela berisi informasi-informasi penting dibalik sebuah gambar. Jadi pemakaiannya kita harus membuka satu persatu lembaran yang berupa gambar ataupun sejenisnya, kemudian dibalik gambar tersebut tersimpan berbagai informasi-informasi penting yang berkaitan dengan gambar depannya.

  1. Slide out book

Slide out book merupakan buku yang sejenis dengan pop up book dan lift the flab book, tapi buku ini haru digeser dulu ketika ingin mengetahui informasi atau cerita yang terselip didalamnya. Perbedaannya adalah jika pop up book harus membuka lembar demi lembar per halaman bukunya, jika lift the flab book harus membuka lembaran yang ada dalam tiap lembar buku, sedangan slide out book harus menyeret bagian-bagian yang berisi informasi penting atau bagian dari cerita yang tersembunyi. Jadi selain berfungsi untuk daya tarik anak dengan bukunya, slide out book ini juga membantu anak dalam melatih sensor motorik mereka.

  1. Billingual Book

Buku yang terakhir adalah buku yang membantu anak-anak untuk pengenalan bahasa. Biasanya buku iki diterapkan pada anak yang sudah bisa membaca dan sedikit mengerti tentang bahasa, yaitu anak yang berusia kisaran 3-7 tahun. Pada usia tersebut, daya ingat sangat baik untuk masa pengenalan bahasa bagi anak-anak terutama bahasa lokal dan asing.

Jenis-jenis buku diatas dapat menjadi referensi bunda untuk pengenalan awal anak tentang angka, huruf, warna, bahkan bahasa. Berbagai jenis buku diatas dapat kita dapatkan di Gramedia diberbagai tempat. Selain buku untuk anak-anak di Gramedia jga menyediakan berbagai buku tentang ilmu pengetahuan, novel, kamus, dll. Selain itu juga menyediakan berbagai macam alat tulis dan kebutuhan sekolah lain yang kita butuhkan.

By Brisha